Specification of Services and Business Models dan Service Management System
Apa itu Service ?
Service adalah sarana penyampaian nilai kepada pelanggan dengan memfasilitasi hasil yang dinginkan pelanggan tanpa biaya dan risiko spesifik.
Apa itu Manajemen Service ?
Manajemen Service Manajemen service adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk jasa.
- Manajemen Servis memungkinkan penyedia layanan untuk:
- 1. Memahami jasa yang mereka sediakan baik dari perspektif konsumen dan penyedia
- 2. Memastikan bahwa layanan ini benar-benar memfasilitasi hasil yang diinginkan
- 3. Memahami nilai dari layanan kepada pelanggan mereka dan karenanya kepentingan relatif
- mereka
- 4. Memahami dan mengelola semua biaya dan risiko yang berkaitan dengan pemberian jasa
- tersebut.
- Di dalam materi ini tentunya terdapat Best Practice dan Good Practice nya, yaitu :
- Best Practice
Best Practice adalah bahwa seseorang menciptakan spesifikasi untuk diterima oleh masyarakat
luas sebagai pendekatan terbaik untuk situasi tertentu. Kemudian, seseorang dapat
membandingkan kinerja pekerjaan yang sebenarnya terhadap praktik-praktik terbaik dan
menentukan apakah prestasi kerja kurang dalam kualitas atau, spesifikasi untuk Best Practice
mungkin perlu memperbarui untuk menyertakan pembelajaran dari prestasi kerja yang dinilai.
Istilah 'Best Practice’ umumnya mengacu pada cara terbaik untuk melakukan sesuatu.
- Good Pratice
Good Practice, seperti standar umum dan kerangka kerja, atau pengetahuan milik individu dan
perusahaan lain.
Sumber-sumber tersebut memiliki karakteristik yang berbeda :
1. Kerangka kerja public dan standar ini telah divalidasi di lingkungan yang beragam
2. Pengetahuan tentang mereka adalah disebar secara luas diantara para professional industri
3. Program pelatihan dan sertifikasi tersedia secara terbuka
4. Akuisisi pengetahuan melalui pasar tenaga kerja lebih siap bisa dicapai.
Apa itu ITIL Framework ?
- ITIL Framework bukan merupakan standar dalam arti formal tetapi kerangka yang merupakan sumber praktik yang baik dalam manajemen pelayanan. Standar untuk manajemen layanan TI (ITSM) adalah ISO / IEC 20000, yang selaras dengan, tetapi tidak tergantung pada,
- ITIL Library memiliki komponen- komponen ITIL Core : Publikasi menggambarkan praktek terbaik generik yang berlaku untuk semua jenis organisasi yang memberikan layanan kepada bisnis.
- ITIL Complementary Guidance : Satu set publikasi dengan bimbingan khusus untuk sektor industri, jenis organisasi, model operasi dan arsitektur teknologi.
- Tujuan dari ITIL framework manajemen pelayanan adalah untuk memberikan bimbingan berlaku untuk semua jenis organisasi yang menyediakan layanan TI untuk bisnis, terlepas dari ukuran mereka, kompleksitas, atau apakah mereka penyedia layanan komersial atau divisi internal bisnis
Apa itu ITIL Core ?
THE ITIL CORE Layanan siklus hidup adalah sebuah pendekatan untuk manajemen layanan TI yang empha¬sises pentingnya koordinasi dan kontrol seluruh fungsi berbagai, proses dan sistem yang diperlukan untuk mengelola siklus penuh layanan TI. Pendekatan siklus hidup manajemen pelayanan menganggap strategi, desain, transisi, operasi dan perbaikan terus-menerus dari layanan TI. Layanan siklus hidup digambarkan dalam satu set lima publikasi dalam ITIL inti
Apa Konsep Utama Dari Manajemen Service ?
- 1. Nilai
- Nilai diciptakan melalui penyediaan layanan yang tepat di bawah kondisi yang tepat.
- TI telah sering dikenal semua tentang biaya komponen, tetapi tidak biaya penyediaan layanan
- yang bisnis memahami, dan bisnis telah mampu membuat keputusan berdasarkan nilai- tentang
- nilai solusi tersebut.
- 2. Nilai diciptakan melalui dua komponen
- - Utility (kegunaan/fungsi) Fungsionalitas yang ditawarkan oleh produk atau jasa untuk memenuhi
- kebutuhan tertentu.
- - Warranty (garansi/jaminan) Sebuah janji atau jaminan bahwa produk atau layanan akan
- memenuhi kebutuhan disepakati..
Penyedia layanan menciptakan nilai menggunakan aset mereka dalam bentuk sumber daya dan
kemampuan.
B. Sumber Daya
Sebuah istilah umum yang mencakup infrastruktur, orang, uang atau apa pun yang mungkin bisa
membantu untuk memberikan layanan IT. Sumber daya dianggap aset organisasi.
C. Kemampuan
Kemampuan organisasi, orang, proses, aplikasi, item konfigurasi atau layanan TI untuk melaksanakan
suatu kegiatan. Kemampuan merupakan aset tidak berwujud dari sebuah organisasi.
Perbedaan utama antara aset sumber daya dan aset kemampuan adalah bahwa, biasanya sumber daya dapat dibeli di pasar sementara kemampuan khas hanya dapat dikembangkan dari waktu ke waktu.
Apa itu Model Service ?
Sebuah model layanan menjelaskan bagaimana penyedia layanan menciptakan nilai untuk portofolio tertentu kontrak pelanggan dengan menghubungkan permintaan untuk layanan dari aset pelanggan dengan aset layanan penyedia layanan.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar